Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Penanganan Muntah yang Bisa Anda Lakuan Sendiri dari SehatQ.com

Muntah menyebabkan kondisi tubuh tidak stabil, karena isi perut terus dikeluarkan sedangkan seringkali nafsu makan akan turun drastis. Oleh sebab itu penting untuk segera melakukan penanganan sesuai prosedur yang dianjurkan. Jika terus berkelanjutan maka harus dikonsultasikan.

Cara Penanganan Muntah yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Muntah sendiri merupakan kondisi dimana seseorang mengeluarkan isi perutnya melalui mulut baik disengaja maupun tidak. Sebenarnya ini bukan penyakit, namun biasanya sebagai gejala dari kondisi medis lain. Jika tidak parah, cobalah untuk menetralisirnya dengan beberapa cara berikut:

1. Meditasi atau Tarik Napas Dalam-dalam

Meditasi merupakan latihan untuk memfokuskan dan menenangkan pikiran untuk menurunkan gejala dari mual atau muntah. Teknik relaksasi ini sangat bermanfaat untuk mengontrol emosi dan kecemasan yang diakibatkan beberapa hal baik dari dalam maupun luar tubuh.

Muntah

Apabila Anda mengalami mual akibat stres maka caranya dengan menarik nafas dalam-dalam melalui hidung, kemudian dikeluarkan lewat mulut. Lakukan secara perlahan dan berulang sampai merasa tenang. Jika tidak berkurang atau malah diiringi gejala lain maka segera konsultasikan.

2. Hindari Minuman Berkarbonasi

Kebiasan meminum jenis berkarbonasi dapat memperburuk kondisi lambung terutama jika memiliki riwayat maag karena memperburuk refluks asam dan GERD. Akibat yang ditimbulkan untuk tubuh yakni bisa tiba-tiba merasakan mual bahkan sampai muntah dan diiringi pusing atau perih di perut.

 Saat ini minuman berkarbonasi sudah sangat mudah untuk ditemukan di toko atau tempat perbelanjaan terdekat. Namun sebaiknya lebih fokuskan untuk minum air putih sesuai dengan anjuran yang diberlakukan agar tubuh lebih segar dan lambung tidak terganggu.

3. Duduk Tegak dan Hindari Menekuk Perut

Larangan berbaring setelah makan memang sangat penting untuk Anda taati karena bisa berakibat menaikkan asam lambung dan membuat rasa mual terutama yang memiliki refluks asam lambung GERD).  Jika terus dibiarkan maka bisa berakibat fatal untuk kesehatan tingkat lanjut.

Saat merasakan mual maka tegakkan tubuh Anda, hindari memeluknya karena bisa menekan bagian perut. Apabila tidak mereda, silahkan lakukan meditasi dengan menarik napas dan menenangkan pikiran secara berkelanjutan sampai rileks. Setelah itu silahkan minum air putih dengan suhu normal.

4. Berikan kompres dingin

Udara yang dingin seringkali bisa menenangkan pikiran, namun pastikan sesuai dengan kondisi tubuh. Cara pakainya akni dengan meletakkan kompres pada bagian belakang kepala. Hal ini dipercaya akan mudah meredakan gejalanya sehingga tubuh bisa segera beristirahat.

Umumnya mual yang berlangsung secara terus menerus bisa mengakibatkan suhu tubuh meningkat. Oleh sebab itu harus segera dinetralkan sebelum terjadi dehidrasi berlebihan. Jika gejala terjadi berkelanjutan, jangan ragu untuk menghubungi dokter untuk mengetahui Penyakit atau masalah lain.

5. Alihkan Fokus

Teknik ini terbilang cukup sulit dilakukan karena terkadang ketika sakit maka orang akan terfokus ada rasa tersebut. namun cobalah untuk menetralkan dengan mengkonsumsi makanan tawar seperti halnya kentang. Selain itu tenangkan diri dengan mendekati sumber angin namun jangan berlebihan.

Anda juga bisa melakukan konsultasi melalui platform resmi SehatQ.com yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Pastikan memberitahukan keluhan secara lebih detail untuk memudahkan dokter untuk mendiagnosis kondisi pasiennya secara langsung.

Demikian penjelasan mengenai Cara Penanganan Muntah yang Bisa Anda Lakukan Sendiri dari SehatQ.com. Pastikan tidak sampai gejalanya lebih parah, sebab bisa mengakibatkan gejala lebih parah. Konsultasi melalui platform online sendiri bisa secara gratis maupun berbayar.

Posting Komentar untuk "Cara Penanganan Muntah yang Bisa Anda Lakuan Sendiri dari SehatQ.com"