Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa saja Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis itu?

Perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis penting Anda ketahui terutama jika mendalami bidang tersebut. Hal ini bertujuan agar tidak suara yang dihasilkan semakin bagus dan saat didengarkan dapat membawa khalayak menerima pesan di dalamnya dengan baik.

perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis

Beberapa Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis

Tangga nada sendiri adalah susunan nada-nada dengan jarak tertentu untuk menghasilkan melodi yang bagus. Kunci utamanya adalah bergantung pada komposisi beberapa lagu. Tujuannya adalah untuk membentuk irama yang merdu ketika didengarkan. Berikut ulasannya:

1. Tangga Nada Diatonis

Salah satu unsur pembentuk pada musik adalah tangga nada, sehingga suara yang dihasilkan dapat terdengar lebih merdu. Hal ini terdiri dari harus memadukan antara diatonis dan pentatonis, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang signifikan berikut ulasannya:

  • Secara Definisi

Merupakan komposisi tangga nada yang mayoritas digunakan pada karya musik modern atau kontemporer. Tentu hal ini sangat berbeda dengan pentatonis, oleh karenanya Anda pelu memahami secara mendetail pembahasannya.

  • Urutan Nada

Pada tangga nada diatonis urutannya yaitu mulai dari do sampai do tinggi. jenisnya ada tujuh biasanya menggunakan interval 2 atau setengah. Jenisnya sendiri terbagi menjadi dua bagian, setiap modelnya ada ciri khas masing-masing misalnya pada mayor digunakan untuk lagu anak-anak.

  • Interval atau Jarak dari Tangga Nada

Tangga nada diatonis sendiri terdiri dari mayor dan minor. Setiap jenisnya memiliki karakteristik yang berbeda sehingga bisa menghasilkan sebuah ritme sesuai dengan kebutuhan dari pengarangnya. Keselarasan antara keduanya dapat menjadikan pesan di dalam musik tersampaikan dengan baik.

  • Perbandingan Antara Nada Mayor dan Minor

Antara mayor bersifat gembira, bersemangat dan diawali dengan tanda nada do sedangkan minor cenderung bersifat deih lebih santai, dan diakhiri nada la. Umumnya Penggunaannya sendiri cukup beragam sehingga harus dapat membedakan keduanya.

  • Perbedaan Mayor dan Minor

Antara keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, karena sederhananya menggambarkan kebalikannya. Penggunaannya sendiri yaitu untuk lagu tertentu misalnya mayor cenderung ke jenis anak-anak sedangkan minor untuk beberapa lagi seperti Indonesia Pusaka. Berikut ulasannya:

Tangga nada minor terdiri dari tiga jenis yaitu asli, melodis, dan harmonis. Cara membedakan antara ketiganya adalah dengan melihat nada pokoknya. Oleh sebab itu tidak memiliki nada kromatis.

Jenis tangga nada minor harmonis, menunjukkan setiap nada dinaikkan menjadi setengah. Amun polanya tetap sama.

Sedangkan untuk tangga nada melodis hanya menaikkan not dari 6 ke 7. Saat diturunkan pun hanya berkurang setengah saja.

2. Tangga Nada Pentatonis

Saat menciptakan musik sendiri tentu menggunakan alat-alat musik, sebelumnya tentu Anda harus menguasai terkait dengan tangga nada. Umumnya tangga nada dibedakan menjadi tiga yaitu pentatonis, diatonis, dan kromatis. Berikut ulasan lengkapnya:

  • Jumlah Nada Pokok

Perbedaan yang paling mendasar adalah, nada penatons memiliki nada pokok berjumlah 5 buah saja. Jenisnya terbagi menjadi dua yaitu slendro dan pelog dengan karakteristik berbeda. lagu yang menggunakan format ini seperti lir-ilir, Cing Cangkeling. Lir ilir, dan Suwe Ora Jamu.

  • Urutan Nada

Bermain musik akan menjadi semakin seru jika mengetahui perbedaan antara keduanya. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa nada pentatonis terbagi menjadi dua, slendro mengusung nada 1 2 3 4 5 6 1 sedangkan pelog yaitu 1 2 3 4 5 6 7.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis yang perlu Anda ketahui agar tidak kebingungan saat menyusunnya. Meski terkesan sederhana namun hal ini sangat penting dipahami.

Posting Komentar untuk "Apa saja Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis itu?"